Cara Membuat Aplikasi Mikrokontroler AVR/AT89: Khusus Pemula!

Banyak komentar,pertanyaan dan saran masuk melalui SMS, email, omong langsung agar saya membuat sebuah tulisan atau artikel tentang bagaimana cara membuat aplikasi mikrokontroler AVR maupun AT89 dari nol.  
Okey dech, kali ini saya berikan jawabannya…
Baiklah, untuk memudahkan saya menjelaskan dari ‘nol’, ada baiknya Anda perhatikan dulu diagram alir pada Gambar 1 (jika kurang jelas, silahkan di-klik aja yach)…
Gambar 1
Nach, berdasar diagram alir tersebut, semuanya berawal dari MASALAH, atau bisa juga Anda sebut PROYEK, KASUS atau apa saja yang Anda suka selama artinya adalah sesuatu yang ingin dicari, dibuat solusinya. Lebih tepatnya, pada tahap awal yang perlu dilakukan adalah IDENTIFIKASI MASALAH, persis atau detilnya bagaimana, misalnya…

“Bagaimana membuat aplikasi menghidupkan LED berdasar tombol yang ditekan?”
Ini tentunya belum cukup, informasinya masih kurang, beberapa pertanyaan yang bisa diajukan antara lain:
  • LED-nya berapa?
  • Tombol apa saja yang ditekan?
  • Bagaimana hubungan antara sebuah tombol dengan LED yang bersangkutan?
  • Apakah dimungkinkan menekan dua  tombol atau lebih secara bersamaan?
  • Apakah menyala-nya LED menggunakan tundaan? Atau hanya sekedar sesuai dengan tombol yang bersangkutan?
  • Dan lain sebagainya......
Hal ini sangat penting, dikarenakan dengan informasi yang detil, maka kita bisa membuat rangkaian dan program yang benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan. Dan yang lebih penting lagi, jika ini merupakan proyek atau pesanan orang, bisa dijadikan bahan dalam kontrak kerja atau berita acara. Tidak peduli akan Anda selesaikan dengan mikrokontroler AVR maupun AT89 atau bahkan mikrokontroler apapun.
Selain itu, dengan detil informasi yang diperoleh, Anda bisa menentukan mikrokontroler apa yang akan digunakan, sesuai dengan kebutuhan berdasar detil informasi yang bersangkutan. Ingatlah bahwa setiap mikrokontroler (baik keluarga AVR maupun AT89) masing-masing memiliki fasilitas yang sama dan juga berbeda. Apakah aplikasi atau solusi yang Anda tawarkan memerlukan timer? Memerlukan sinyal PWM? Menggunakan motor servo? Motor DC? Motor Langkah? Apakah memerlukan Watchdog? Berapa frekuensi clock yang dibutuhkan? Dan lain sebagainya…
Biasanya, persoalan yang dihadapi adalah mencari solusi itu sendiri. Katakan saja jika persoalan masukan/luaran sudah teridentifikasi secara 100% semuanya, langkah berikutnya adalah merancang solusi, termasuk memilih mikrokontroler mana yang akan digunakan. Untuk keperluan mendapatkan informasi mikrokontroler AVR atau AT89 secara lengkap silahkan merujuk datasheet masing-masing. Ini adalah sumber utama yang bisa dipercaya, karena langsung diterbitkan oleh pabrik mikrokontroler yang bersangkutan (ATMEL).
Setelah Anda melakukan IDENTIFIKASI MASALAH, langkah berikutnya (lihat diagram alir) adalah MELAKUKAN PERANCANGAN (termasuk menentukan masukan dan luaran apa saja yang terlibat dalam solusi tersebut). Langkah ini memang tidak semudah mengatakan-nya, namun ANDA PASTI BISA, karena semakin tinggi jam terbang Anda dalam menangani berbagai macam kasus-kasus yang melibatkan penggunaan mikrokontroler, Anda akan semakin terampil dan ‘jenius’.
Misalnya saja, ada pertanyaan yang masuk ke saya bagaimana menampilkan hasil perhitungan atau hasil akuisisi data di LCD? di Dot Matrix atau bahkan di 8×7segmen? Ini semua memerlukan kreativitas untuk mendapatkan solusinya. Anda rajin membaca artikel-artikel saya atau diskusi dengan saya, atau bahkan cari sendiri di internet, tanya ke yang lebih pakar dan lain sebagainya…
Termasuk dalam langkah MELAKUKAN PERANCANGAN adalah membuat DIAGRAM ALIR program mikrokontroler Anda (Anda bisa membaca ulasan tentang diagram alir disini). Beruntunglah Anda, karena saat ini sudah ada sebuah program yang dapat digunakan untuk membuat diagram alir sekaligus mengkonversikan-nya dalam bahasa C atau ASM untuk mikrokontroler AVR (termasuk juga untuk PIC dan ARM), asik khan? Silahkan baca informasinya dan unduh program demonya di Matrix Multimedia - FLOWCODE v3.0 for AVR atau langsung saja mengunduh disini.
Oya, dalam membuat diagram alir usahakan dibuat secara umum, artinya tidak mewakili bahasa pemrograman apapun, termasuk assembly. Mengapa? Karena memang begitu aturan dalam membuat diagram alir yang baik dan benar, selain itu akan memudahkan kita atau mungkin orang lain, jika Anda berkenan, melakukan pengembangan lebih lanjut dengan bahasa yang berbeda-beda (misalnya Basic, C dan lain sebagainya).
Langkah berikutnya adalah MEMBUAT RANGKAIAN YANG SESUAI (RANGKAIAN BAKU/MINIMUM PLUS APLIKASINYA), namun sebelum itu ada baiknya juga Anda sudah menentukan bahasa pemrograman apa yang akan digunakan, sebaiknya yang GRATIS aja, namun itu terserah Anda.
Pada tahap ini, barangkali Anda bertanya-tanya, dimana dan bagaimana saya mendapatkan rangkaian-rangkain aplikasi tersebut? Ya Anda sangat beruntung, karena beberapa buku-buku mikrokontroler sudah banyak membahas hal tersebut, antara lain:
  • Belajar Mikrokontroler AT 89C51/52/55 (Teori dan Aplikasi) Edisi 2, Oleh: Agfianto Eko Putra, terbitan Gava Media, Yogyakarta (info);
  • Belajar Dengan Mudah dan Cepat Pemrograman Bahasa C Dengan SDCC (Small Device C Compiler) Pada Mikrokontroler AT89X051/AT89C51/52 Teori, Simulasi dan Aplikasi, Oleh: Totok Budiok, terbitan Gava Media, Yogyakarta (info);
  • Belajar Mikrokontroler ATMEL AT89S8252, Oleh: M. Ibnu Malik, ST, terbitan Gava Media, Yogyakarta (info);
  • Belajar Mikrokontroler Atmel AVR ATtiny 2313 “Step by Step”, Oleh: Ardi Winoto, terbitan Gava Media, Yogyakarta (info);
  • Design dan Implementasi Sistem Embedded Mikrokontroller ATMega8535 dengan Bahasa Basic, Oleh: Iswant, terbitan Gava Media, Yogyakarta (info)
  • Bisa juga dengan membaca rangkuman artikel “Memulai Belajar Mikrokontroler - Quick, Easy and Harmless!“.
  • dan masih banyak lagi!
Selain dari buku-buku yang saya sebutkan tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan media Internet untuk mencari dan mendapatkan rangkaian-rangkaian aplikasi yang Anda inginkan, cobalh bergabung atau melihat-lihat mengunjungi
Setelah Anda merancang rangkaian solusinya, yang kemudian kita sebut sebagai PROTOTIPE atau PURWARUPA, tentu langkah selanjutnya adalah MEMBUAT PROGRAM APLIKASI yang terkait dengan solusi yang telah Anda rancang sebelumnya, berdasarkan diagram alir yang telah Anda buat sebelumnya.
Pembuatan program aplikasi bisa Anda lakukan dengan bahasa pemrograman apapun yang Anda inginkan, jika Anda seorang pemula, saya sarankan untuk menggunakan BASCOM 51 atau BASCOM AVR dari MCSELEC.COM, karena sangat mudah penggunaanya. Selain itu, Anda bisa menggunakan:
Oya program Anda, yang menggunakan bahasa apapun yang Anda suka, harus dikompilasi (menggunakan perangkat lunak yang sudah saya sebutkan sebelumnya) menjadi berkas BIN atau HEX (format heksadesimal), sebagaimana ditunjukkan pada Gambar 2, untuk kemudian di-download-kan ke mikrokontroler yang bersangkutan. Sehingga mikrokontroler Anda bisa menjalankan program Anda. Selain itu, Anda bisa mencoba-nya terlebih dahulu melalui simulator mikrokontroler Proteus VSM dari LabCenter.
Bagaimana cara mendownload? Menggunakan (alat) apa? Silahkan membaca artikel Pemrogram (downloader) Mikrokontroler AVR melalui USBSoftware untuk AVR Downloader (berbasis USBasp) dan Min MCS51/AVR dan Min AVR dari ADP. Ingatlah selalu, agar mikrokontroler AVR Anda bisa berjalan dengan baik dan benar, lakukan pengaturan clock sistem terlebih dahulu, silahkan simak artikel Mengenal System Clock pada Mikrokontroler AVR.
Untuk persoalan mendownload ada sebuah catatan pengalaman menggunakan AT89S8252 yang terasa sangat lambat saat didownload menggunakan Min MCS51/AVR dan ternyata saya mendapatkan pencerahannya langsung dari pembuatnya mas Anang Dono Prasetyo (terima kasih mas Anang), berikut cuplikannya:
Signature AT89S8252 memang tidak bisa dibaca jika menggunakan serial programmer, sama seperti signature AT89S53. lihat: AT89S8252.pdf hal 21. kedua mikro tersebut menggunakan format pemrograman FLASH yg tdk setandar yaitu 3byte. (yang lain 4byte). Byte MSB alamat programnya juga tdk beraturan. Signature AT89S8252 & AT89S53 hanya bisa dibaca dengan programer Paralel.
Kalau ingin memprogram mikro ini harus dipilih secara manual pada list mikrokontroler programernya. karena alamat FLASH tidak beraturan maka memprogram mikro ini jadi lama.
Solusinya, ganti AT89S8252 dengan AT89S8253. lebih besar dan menggunakan format programer FLASH standar(4byte). harga tdk jauh beda. Semoga Bermanfaat….
Langkah selanjutnya tentu saja MELAKUKAN UJI-COBA DAN EVALUASI apakah rangkaian dan program sudah berjalan dengan benar atau belum, lakukan TROUBLESHHOTING jika memang masih ada kesalaha mayor maupun minor, sehingga hasil yang diperoleh menjadi baik dan benar. Ingatlah bahwa kesalahan bisa terjadi pada RANGKAIAN dan/atau PROGRAM, bahkan seringkali kesalahan-kesalahan sepele tetapi berdampak besar pada jalannya aplikasi kita, dengan demikian lakukan pengecekan secara menyeluruh.
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan Anda bertanya atau berkomentar, dan silahkan juga mengikuti pelatihan-pelatihan mikrokontroler AVR atau AT89 yang kita selenggarakan.
Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk Anda!

PERDANA 3 POWER BANK & SERVICE LAPTOP


Ready kartu perdana 5000 pcs. 3 Aon & 3 paket ™BB 6 blan full service, power BANK, MUSIK BOX...SERVICE HP & laptop , ACC & SPAREPART HP minat bs hub marketing kami sodara Maman Josher S Kennedya di no 089699746045 atau sy langsung di no 082119351666-08971758777,pinbb 3092C7C3 , ym zahidien_baladewa19@yahoo.com power red by Zahidien Community

INFORMATION AND TECHNOLOGY: CONTOH KUMPULAN JUDUL TUGAS AKHIR D3 TKJ

INFORMATION AND TECHNOLOGY: CONTOH KUMPULAN JUDUL TUGAS AKHIR D3 TKJ

CONTOH KUMPULAN JUDUL TUGAS AKHIR D3 TKJ

apa kabar zahidien community lama aku tak posting kali ini aku akan posting tentang CONTOH KUMPULAN JUDUL TKJ semoga bermanfaat....


  1. Aplikasi Sistem Informasi Access Nilai Dan Raport Pada Anak Didik Dengan Mobile Phone Di SDN Kepatihan Bojonegoro
  2. Monitoring Ruangan Menggunakan IPCamera Server Di SMK Islam Durenan
  3. Perbandingan Jaringan Lokal Yang Menggunakan Topologi Bus Dan Star Yang Terkoneksi Dengan Internet Pada SMP Negeri 4 Trenggalek
  4. Membangun Jaringan Berbasis LAN Di Smp Negeri 1 Munjungan
  5. Membangun Jaringan LAN Berbasis Kabel Menggunakan Windows Xp Pada SMK Negeri 1 Trenggalek
  6. Membangun Jaringan Komputer Dengan Koneksi Internet (ADSL) Untuk Karyawan TU SMA Negeri 2 Trenggalek
  7. Implementasi Pembangunan Jaringan Komputer Untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar KKPI Di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek Dengan Teknologi ADSL
  8. Manajemen Bandwith Menggunakan Router Mikrotik Di ISP Link Brother Sidayu Gresik
  9. Membangun FTP Server Dengan Menggunakan Linux Ubuntu 8.04
  10. Pembuatan Mail Server Dengan Menggunakan Linux Red Hat 9.0
  11. Multientry Data Nomonatif Siswa Di Smk Negeri 1 Cerme Gresik
  12. Sistem Pelayanan Informasi Pembayaran Bp3 Dengan Menggunakan SMS Gateway Pada SMK Negri 1 Purwosari
  13. Billing Warnet Berbasis Client Server Menggunakan Internet Direct (Indy) 8.0.25
  14. Perancangan Dan Pembuatan Forum Diskusi Mahasiswa D3 TKJ Universitas Negeri Malang Berbasiskan Web
  15. Perancangan Access Point Berbasis LAN Dengan Radius Server Di SMK Muhammadiyah Watulimo
  16. Pembangunan Jaringan Internet Berbasis Mikrotik Di MTS Masilatul Huda
  17. Membangun Jaringan LAN Dan Wifi Menggunakan Sistem Operasi Linux Ubuntu 8.04 Di SMK PGRI 3 Malang
  18. Manajemen Internet Memnggunakan Mikrotik Di SMA Negeri 3 Pasuruan
  19. Membangun Jaringan Internet Dial-Up Mts Darut Taqwa
  20. Meningkatkan Pembelajaran TIK Melalui Net Op Pada Siswa Kelas 1 Di SMP Negeri 11 Pasuruan
  21. Pengembangan Senayan Library Automation System Dan Penerapannya Dalam Jaringan Perpustakaan Online Di SMAN 1 Pandaan
  22. Mengembangkan Jaringan Komputer Berbasis Wifi Untuk Peningkatan Layanan Pembelajaran Di Smp Negeri 13 Malang
  23. Pembuatan Nas Server Berbasis Freenas Di SMK Negeri 1 Pasuruan
  24. Penerapan Jaringan Untuk Ujian Online Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Moodle Di Sekolah Menengah Atas
  25. Pembuatan PC Router Berbasis Mikrotik Pada SMA Negeri 1 Pasuruan
  26. Pemanfaatan IPCOP Untuk PC Router Pada Jaringan Lokal (LAN) Di SMK Negeri Tutur Kab.Pasuruan
  27. Membangun Jaringan Intranet Dan Internet Dengan Fasilitas E-Learning Berbasis Web Di SMK Negeri 3 Malang
  28. Membangun Firewall Berbasis Openbsd Sebagai Security Jaringan Internet Di SMP Negeri 3 Pasuruan
  29. Simulasi Berbasis Perangkat Lunak Untuk Menganalisa Wireless Lan Security
  30. Membangun Server  Sebagai Pemanfaatan IP Public
  31. Membangun Pembelajaran Melalui Metode Interaktif Net Op School Pada SMP Negeri 6 Pasuruan
  32. Thin Client Server Computing Pada Lab.Komputer Smpn 7 Pasuruan
  33. Implementasi Router Pada Jaringan Komputer Di Dinas Pendidikan Kota Pasuruan Dengan Menggunakan Mikrotik
  34. Membangun Koneksi Jaringan Komputer Berbasis Router Mikrotik Di SMK Pgri 6 Malang
  35. Membangun FTP Dan Web Server Menggunakan Windows Server 2003 Untuk Jaringan Intranet
  36. Memebangun Sistem E-Learning Di SMK Negri 1 Malang Menggunakan Moodle 1.93
  37. Membangun Jaringan Intranet Dan Proxy Server Di SMA Yadika Bangil
  38. Pembuatan Aplikasi Pendaftaran Ekstrakurikuler Komputer Secara Onlilne Dengan Menggunakan PHP
  39. Electronic Jurnal Berbasis Web Di Jurusan Teknik Elektro
  40. Membangun Sistem Keamanan Dan Monitoring Akses Internet SMK Negeri 4 Malang
  41. Optimalisasi Internet Jardiknas (Studi Kasus Di SMK Dharmawanita Kab.Gresik)
  42. Implementasi Moodle Weekly Sebagai Media Pembalajaran E-Learning Di Sma Negeri Kedamean
  43. Sharing Koneksi Internet Pada Leboratorium Kkpi Di SMKN 1
  44. Desain Media Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Aplikasi Program Web Pagamaker V.2
  45. Membuat Jaringan Lokal Dengan PC Router Menggunakan Operating Sistem Unix Free BSD
  46. Setting Billing Hotspot Integrasi Router Mikrotik Di SMK Negeri 9 Malang
  47. Sharing Koneksi Internet Pada Leboratorium KKKPI Di SMKN 1 Cerme Dengan Menggunakan Modem GSM
  48. Membuat Virtual Learning Environtment (VLE) Menggunakan Moodle 1.9 Di Lingkungan SMK Negri 7 Malang


MENU TAB PADA BLOG ANDA

Pertama :
Silahkan Buka Blog anda menggunakan Open ID anda, kalau sudah Klik tata letak terus lanjutkan lagi dengan klik edit html, copy dan paste-kan code diatas ini dan letakan diatas code ]]></b:skin>; untuk memudahkan dalam pencarian code tersebut klik F3 atau ctrlF paste code tersebut di kotak cari terus klik berikutnya.

/* Menu Tab View
----------------------------------------------- */
div.TabView div.Tabs {
padding-top: 0px;
height: 24px;
overflow: hidden;
}

/* Menu Utama */
div.TabView div.Tabs a {
float: left;
display: block;
width: 80px; /*ukuran lebar tabmenu*/
text-align: center;
height: 24px; /*ukuran tinggi tabmenu*/
padding-top: 3px;
margin-right:4px; /*jarak antartabmenu*/
vertical-align: middle;
border: 1px solid #CCC; /*warna border menu*/
border-bottom-width: 0;
font-family: "Arial", Times New Roman, Serif; /*jenis hurup menu*/
font-size: 12px; /*besar hurup menu*/
letter-spacing: -1px;
background-color: #A4A4A4; /*warna latar menu*/
color: #FFFFFF; /*warna hurup menu*/
-moz-border-radius-topleft:10px;
-moz-border-radius-topright:10px;
-webkit-border-top-left-radius:10px;
-webkit-border-top-right-radius:10px;
}

div.TabView div.Tabs a.Active {
background-color: #888888; /*warna background menu aktif*/
color: #FFFFFF;
}

div.TabView div.Tabs a:hover {
background-color: #999999; /*warna background menu hover*/
color: #FFFFCC;
font-weight: bold;
}

/* Kotak Utama */
div.TabView div.Pages {
clear: both;
border: 1px solid #CCC; /*warna border kotak utama*/
overflow: hidden;
background:url("http://sites.google.com/site/ruangsc/image/bgtabview.gif"); /*background kotak utama*/
}

div.TabView div.Pages div.Page {
height: 100%;
padding: 0px;
overflow: hidden;
}

div.TabView div.Pages div.Page div.Pad {
padding: 3px 5px;
font-size: 12px; /*besar hurup kotak utama*/
}


Pada code yang diberi warna biru bisa shobat ganti sesuai selera shobat masing-masing.
Setlah itu copy paste code dibawah ini dan letakkan dibawah code ]]></b:skin> 

<script src="http://enes-sc.googlecode.com/files/tabview.js" type="text/javascript"/>

Langkah yang kedua, 
- Pilih tab Elemen Halaman (page element)  
- Pilih pada bagian Gadget dan pilih HTML/Java Scrip  
-  Copy-kan scrip berikut dan letakkan pada kotak yang telah tersedia di HTML/Java Secrip 

<form action="tabview.html" method="get">
<div id="TabView" class="TabView">
<div style="width: 100%;" class="Tabs">
<a title="Keterangan Menu 1">Menu 1</a>
<a title="Keterangan Menu 2">Menu 2</a>
<a title="Keterangan Menu 3">Menu 3</a>
<a title="Keterangan Menu 4">Menu 4</a>
</div>
<div style="width: 100%; height: 200px;" class="Pages">

<!--Awal Menu 1-->
<div class="Page"><div class="Pad">
Isi Menu 1.1<br/>
Isi Menu 1.2<br/>
Isi Menu 1.dst<br/>

</div></div>
<!--Akhir Menu 1-->

<!--Awal Menu 2-->
<div class="Page"><div class="Pad">
Isi Menu 2.1<br/>
Isi Menu 2.2<br/>
Isi Menu 2.dst<br/>

</div></div>
<!--Akhir Menu 2-->

<!--Awal Menu 3-->
<div class="Page"><div class="Pad">
Isi Menu 3.1<br/>
Isi Menu 3.2<br/>
Isi Menu 3.dst<br/>

</div></div>
<!--Akhir Menu 3-->

<!--Awal Menu 4-->
<div class="Page"><div class="Pad">
Isi Menu 4.1<br/>
Isi Menu 4.2<br/>
Isi Menu 4.dst<br/>

</div></div>
<!--Akhir Menu 4-->

</div></div></form>

<script type="text/javascript" src="http://enes-sc.googlecode.com/files/tabview-tab.js"></script> 

Tulisan code yang berwarna Hitam tebal bisa shobat ganti sesuai dengan kebutuhan yang shobat sekalian inginkan. Misalnya,  width (lebar) dan height (tinggi) shobat sekalian dapat menggunakan satuan ukuran % atai pixel (px) yang disesuaikan dengan lebar sidebar shobat masing-masing. Begitu juga dengan Judul Menu dan Isi Menu  dabat shobat buat sendiri sesuai dengan keinginan shobat sekalian.
Shobat sekalian juga bisa membuat menu-menu lain (lebih dari 4) sesuai lebar sidebar blog shobat.
Langkah terakhir tinggal klik save, jadi dech Tab Vew-nya...!!!

link teman

>

warning