SELAMAT JALAN SANG PAHLAWAN MERAPI Mbah Marijan

Kabar tewasnya Mbah Maridjan menyedot perhatian warga lereng Gunung Merapi. Setiap kerumunan warga, baik di pengungsian, pasar, dan di jalan-jalan ramai membicarakannya.

"Ini yang benar selamat kondisinya lemah, apa meninggal? Kok simpang siur. Semalem itu ada kabar dia ditemukan selamat, tapi kondisinya lemes. Tapi pagi ini kabarnya kok lain lagi," kata Budi Santoso, salah satu perangkat desa.

Budi sedang bercakap-cakap dengan teman-temannya sesama perangkat desa di salah satu pengungsian di Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY, Rabu (27/10/2010).

Di aula balai desa, yang juga menjadi tempat pengungsian para ibu-ibu dan lansia, kabar kematian Mbah Maridjan juga menjadi topik hangat. Sambil menyaksikan pemberitaan televisi, mereka pun berkomentar. Sebagian bahkan ada yang meragukan kabar kematian Si Mbah.

"Mbah Maridjan kan roso (kuat), dia kan linuwih (punya kesaktian). Moso meninggal," ujar seorang ibu lansia.

"Tapi kok ora ono gambare (tidak ada foto) Mbah Maridjan yo. Ger omongan tok, ora ono gambare. Iki tenanan opo ora (cuma kabar, tidak ada foto. Ini betul atau bukan)?" timpal ibu lansia yang lain.

Tidak hanya itu, di pasar Pakem yang berjarak 1 km dari barak pengungisan, para pengunjung di lorong-lorong pasar juga ramai membiarakannya.

"Mas e wartawan nggih? Opo bener Mbah Maridjan meninggal? Kok kulo nggak percaya (Mas, Anda wartawan ya? Apa betul Mbah Maridjan meninggal? Saya tidak percaya)," kata Sri (38), pemilik warung makan.

"Bener kok. Wis metu neng TV, jare meninggale wae sujud (Betul kok. Sudah ada tanyangannya di televisi. Jasadnya dalam konsidi sujud). Mbah Maridjan kan memang sering nang Mushola ," timpal pengunjung yang lain.

"Nek ngono, engko gantine sopo (kalau begitu lalu siapa yang menggantikannya sebagai juru kunci Gunung Merapi)?" sahut Sri.

4 komentar:

MONA PUSPITASARI,,Komunitas Tante Indonesia mengatakan...

Selamat jalan,,mbah ..
Semoga tenang disisi-Nya..
Amien..."
Buat admin makasih ,,yach.." ^_^

by: Mona Puspitasari
Www.TanteKomunitas.TK

Unknown mengatakan...

txs tante dah mampir n kasih coment
maaf lama di tanggapinya cz saya lagi bnyak kerjaan

Mona Puspitasari mengatakan...

Lagi sibuk apa...aja .. nich ..,,aLi..??? ^_^


www.KomunitasTanteIndonesia.Com

Unknown mengatakan...

@ mona gi sibuk kuliah n kerja

link teman

>

warning